Pasang iklan Anda di sini.
https://goo.gl/Io3Xqy

Thursday, September 13, 2012

0 Cara Menggunakan FTP untuk Upload FILE ke Hosting ( Filezilla dan tambahan)

Menggunakan FTP untuk Upload ke Hosting



Apa itu FTP ? dan berguna untuk Apa itu FTP ?. FTP atau File Transfer Protocol adalah sebuah protokol jaringan standar yang digunakan untuk mentransfer file dari satu host ke host lain melalui jaringan berbasis TCP, seperti Internet. FTP dibangun pada arsitektur client-server dan menggunakan kontrol terpisah dan koneksi data antara klien dan server. Inti dari penggunaan FTP adalah untuk mempermudah pengguna mengirim file (Upload) atau Mengunduh File (Download).


Menggunakan FTP untuk Upload ke Hosting biasanya harus menyertakan alamat FTP (contoh : ftp.donaalfian.com) atau nama alamat ftp yang telah di buat/diberikan guna mengakses hosting. Menggunakan User Name dan Password FTP untuk Login. Sebagai contoh Semisal kita menggunakan Hosting dari 000webhost, Byethost, Frehostia atau hosting untuk website kita. Untuk masuk kesana kita harus login terlebih dahulu untuk bisa mengakses dan melakukan aktifitas upload atau download. Untuk Tampilan atau cara kerja hampir sama dengan Windows Explorer. Jika menggunakan window Explorer apabila kita akan memindahkan file dari flashdisk ke hardisk komputer kita, biasanya kita menggunakan perintah Copy, Paste, Move dll. Begitu juga Menggunakan FTP untuk Upload ke Hosting hanya ada perintah tambahan lain Seperti Upload, Download, CHMODE (CHange Mode) dll.


Ada beberapa Program FTP yang sering digunakan oleh para webmaster atau personal guna keperluan mereka. Diantaraya adalah : CuteFTP, FileZilla, SmartFTP, FlashFXP, FireFTP dll. Rata-rata Program FTP sekarang sudah sangat mudah untuk digunakan. Anda bisa menggukan sesuai dengan keinginan. Dalam Tutorial kali ini saya ingin memberikan tutorial tentang Program FTP FileZilla dan FireFTP. Kedua Program ini beda cara installasinya Jika FTP FileZilla di install di Sistem Windows jika FireFTP di instal sebagai Addons Mozilla FireFox.

Oke kita mulai saja Tutorialnya FTP agar bisa  Menggunakan FTP untuk Upload ke Hosting.

1. Tutorial FTP FileZilla

Untuk menggunakan Program ini anda bisa mendownload File Installasi FTP File Zilla di :  


- FileZilla Client Download



Setelah download, Install FileZilla di Komputer anda. Setelah itu anda sudah bisa Menggunakan FTP untuk Upload ke Hosting dengan Program FileZilla. Cara upload File Juga Gampang. Silahkan isi : Host, User Name, Password dan Port. Host Bisa di isi FTP Host sebagai contoh jika menggunakan hosting gratisan seperti Byethost biasanya di isi dengan ftp.byethost22.com, atau nama domain kita misal donaalfian.com. User dan Password di isi sesuai user dan password yang diberikan, 
Sedangkan Port biasanya untuk FTP adalah Port 21.

http://1.bp.blogspot.com/-5_9lRreai-8/TnJpMI8Y3_I/AAAAAAAAAyU/hL7iuUVA59Q/s1600/tampilan-ftp-filezilla.jpg


Jika kita Login menggunakan USer dan Password FTP Kita maka tampilannya akan seperti ini :



Menggunakan FTP untuk Upload ke Hosting anda tinggal Mengeblok dan Membuka Folder tujuan lalu geser ke folder tujuan untuk mengupload. Untuk Download berkebalikan dengan Upload, berarti dari Hosting di tarik ke Komputer kita. Sebagai contoh kita akan Upload 2 File dari Komputer kita Ke Hosting dengan nama file Index-Contoh.html dan download-filezilla.jpg perhatikan gambarnya :


Menggunakan FTP untuk Upload ke Hosting

Tentang CHMODE (Change Mode) adalah perubahan mode untuk sebuah file atau folder agar bisa di akses, write atau sebaliknya. CHMOD diperlukan untuk mengatur sebuah file atau folder agar bisa dilihat oleh siapa, di-tulis oleh siapa, dan di-eksekusi oleh siapa. Oke Sekalian saya Jelaskan Tentang CHMODE :

r : read : grup yang diberi cek "r" bisa melihat file tersebut
w : write : grup yang diberi cek "w" bisa menulis file tersebut
x : execute : grup yang diberi cek "x" bisa mengeksekusi file tersebut.
Berikut angka-angka dari file permissions :

0 : ---
1 : --x
2 : -w-
3 : -wx
4 : r--
5 : r-x
6 : rw-
7 : rwx

Jadi jika file kita kasih CHMODE 777 (rwxrwxrwx), grup User, Group, dan World bisa melakukan semua tindakan terhadap file tersebut. Tapi jika 000 (---------), tidak ada grup yang bisa mengambil tindakan apapun terhadap file tersebut. anjuran saja untuk anda, sebaiknya file config.php configuration.php diCHMOD 444 (r--r--r--) tujuannya adalah supaya para hacker tidak bisa melakukan hacking terhadap file ini. JIka Menggunakan FTP Program anda tinggal sorot di bagian file dan Klik Kanan saja (Klik File Permission) untuk merubah Filenya tanpa kesusahan.



2. Menggunakan FTP untuk Upload ke Hosting dengan FireFTP

Nah kalo tutorial diatas sudah jelas, anda juga bisa menggunakan FTP yang tanpa di install di Operating System seperti Windows atau Linux. Tetapi menggunakan Addons Mozilla Firefox. Addons ini bernama FireFTP. Prinsip Kerja FireFTP sama seperti yang saya jelaskan diatas, tapi ini bisa di gunakan apabila kita sedang Browsing dengan Firefox. Kayaknya lebih enak ini, dimanapun anda bisa Install Addons ini walau komputer di Lock dengan program Locker supaya tidak bisa install Program di Operating sistem Warnet.

Cara Installasinya Juga Mudah, anda tinggal Buka menu Mozilla Firefox : Tools >> Addons (Penggaya). Tulis FireFTP di bagian Search addons.




Selanjutnya Install Addons FireFTP nya.


Menggunakan FTP untuk Upload ke Hosting

Lalu Jalankan Dari Firefox anda.





Buatlah Account sesuai dengan Account Login FTP anda di Account Manager FireFTP. 




Selanjutnya Connect ke Hosting, DONE ! ;)


Anda sudah bisa UPload dan Download dari komputer ke Hosting. Saya kira cukup mudah untuk Menggunakan FTP untuk Upload ke Hosting apabila anda membaca dan langsung mempraktekannya.Apabila ada pertanyaan silahkan tuliskan di Bagian Comment dan dengan senang hati jika anda mengeklik Like button apabila informasi ini bermanfaat.



Semoga Bermanfaat..... :P

SUMBER----------> http://www.donaalfian.com

0 komentar :

Post a Comment